Sabtu, 26 Maret 2011

Pramuka

Kawan-kawan, adik-adik, tahukah kamu bahwa mengikuti kegiatan Pramuka banyak manfaatnya?
Pramuka dapat melatihmu menjadi anak yang mandiri, disiplin, dan bertanggungjawab. Mandiri, artinya mengerjakan segala sesuatu sendiri, tidak bergantung pada orang lain. Misalnya, jika seragammu kotor, kamu harus mencucinya sendiri. Begitu pula jika sepatu atau perlengkapan lainnya kotor.
Pramuka juga melatih disiplin. Jadwal kegiatan yang telah disusun dan disepakati harus dilaksanakan dengan tertib. Jika saatnya bekerja maka harus bekerja. Jika saatnya apel di lapangan, maka tidak ada satu pun anggota Pramuka yang berada di tenda kecuali yang piket. Jika saatnya istirahat, maka harus istirahat. Waktu istirahat harus dimanfaatkan dengan baik. Jadi, dengan menjadi anggota Pramuka, kita harus dapat mengatur waktu dan menepati waktu. Kapan waktu bekerja, istirahat, maupun melakukan kegiatan lainnya. Kesemuanya harus dilakukan tepat waktu dan tertib. Tertib artinya teratur.
Pramuka juga melatih tanggung jawab. Segala kegiatan harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab. Jika ada anggota yang mendapatkan tugas memasak, maka harus dikerjakan dengan baik. Kita tidak boleh meninggalkan tenda pada saat peralatan memasak sedang bekerja. Hal ini membahayakan karena dapat menyebabkan kebakaran. Begitu juga bagi anggota yang mendapat tugas menjaga tenda, harus tetap berada di tenda.
Pramuka juga melatih kerukunan dan kebersamaan. Semua kegiatan harus selalu dikerjakan bersama dengan teman lainnya. Misalnya, ketika memasak, maka ada anggota yang mengambil air, mencuci peralatan dapur, mencuci beras, dan sebagainya. Semua pekerjaan harus dikerjakan bersama, rukun, dan kompak. Begitu pula dengan jadwal piket. Semua anggota mendapatkan tugas piket. Jadi, dalam Pramuka, susah dan senang dirasakan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar