Sabtu, 26 Maret 2011

Perahu dan Kapal

Perahu telah digunakan selama ribuan tahun untuk membawa penumpang dan barang-barang melewati air. Perahu dilengkapi layar, dayung, atau mesin agar dapat melaju di atas air. Perahu besar yang mengarungi lautan disebut kapal. Ada banyak jenis perahu dan kapal.
Dahulu, orang menjelajah Laut Pasifik dengan perahu yang disebut kano. Perahu yang sejenis dengan kano disebut kayak. Kayak merupakan perahu kecil khas bangsa Eskimo yang dibungkus kulit hewan. Sekarang, kayak digunakan untuk lomba mendayung. Ada juga perahu layar untuk lomba. Perahu ini memiliki layar besar di depannya yang disebut layar segitiga. Begitu layar dihembus angin, perahu akan berpacu di lautan.
Kapal penumpang yang besar disebut kapal pesiar. Kapal pesiar bagaikan hotel terapung. Setiap bagian kapal memiliki nama sendiri. Bagian depan kapal disebut haluan, sedangkan bagian belakang disebut buritan. Saat ini, kapal terbesar di dunia adalah kapal tanker. Panjangnya dapat mencapai setengah kilometer dan beratnya luar biasa. Untuk berhenti, kapal tanker membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar