Sabtu, 26 Maret 2011

Indahnya Terumbu Karang

Apakah terumbu karang itu? Terumbu karang adalah rumah bagi ribuan hewan laut. Ada berbagai jenis ikan, bintang laut, bulu babi, sponge, dan banyak lagi. Mereka menggunakan terumbu karang untuk tempat bermain, mencari makan, berkembang biak, dan tempat berlindung dari musuh. Terumbu karang dilubangi dan mereka tinggal di dalamnya.
Meskipun hidupnya hanya dihabiskan dengan berdiam diri, sesungguhnya terumbu karang termasuk dalam jenis hewan. Hewan ini dikenal dengan nama polyp. Polyp membentuk terumbu karang dengan cara membelah diri dan melahirkan. Pembelahan polyp yang sangat banyak membentuk bongkahan karang yang besar. Anak-anaknya yang terbawa arus akan mendarat di temapat lain dan membentuk terumbu karang baru.
Saat ini, banyak terumbu karang rusak berat. Penyebab utama kerusakan ini adalah manusia yang menggunakan bom untuk menangkap ikan. Ledakan bom itu tidak hanya merusak terumbu karang. Berbagai makhluk hidup yang tinggal di terumbu karang pun ikut mati.
Jika kondisi terumbu karang cukup baik, perkembangbiakan iakan tentu tidak akan terganggu. Nelayan akan dapat menangkap ikan lebih banyak. Selain itu, ternyata, masih banyak lagi manfaat terumbu karang. Salah satunya, yaitu sebagai perisai abrasi pantai akibat terjangan ombak besar yang terus-menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar